Keterangan:::

Jumat, 29 April 2011

MOTOR

MOTOR

Sebelum saya menjelaskan cara kerja motor bensin 4 tak , apa yang dimaksud dengan motor bensin 4 tak ? Motor bensin 4 tak adalah motor berbahan bakar bensin yang dalam 1 kali siklus usaha melakukan 4 kali langkah piston . Ke empat langkah itu adalah :
1. Langkah Isap
Piston bergerak dari TMA ( Titik Mati Atas ) menuju TMB (Titik Mati Bawah ) , sementara katup intake / katup masuk membuka dan katup buang tertutup . Pergerakkan piston ke bawah ini membuat ruang di atas piston menjadi vakum , sehingga campuran udara dan bensin dari karburator akan masuk melalui saluran masuk menuju ke dalam silinder yaitu ruang di atas piston .
2. Langkah Kompresi
Piston bergerak dari TMB menuju TMA , sementara katup masuk dan katup buang tertutup . Pergerakkan piston ke atas ini , membuat campuran udara dan bensin yang berada di atas piston menjadi terdesak / termampatkan , sehingga suhu dan tekanan dari campuaran udara dan bensin menjadi naik . Pada saat 10 derajat sampai 5 derajat sebelum TMA busi memercikkan api . Campuran udara dan bensin yang telah naik suhunya tersebut menjadi terbakar ,dan akhirnya meledak . Ledakkan inilah yang membuat piston terdorong ke bawah kembali .
3. Langkah Usaha
Piston bergerak dari TMA menuju TMB , sementara katup masuk dan katup buang tetap tertutup . Pergerakkan piston ini karena dorongan dari ledakkan yang terjadi karena pembakaran campuran udara dan bensin .
4. Langkah Buang
Piston bergerak dari TMB menuju TMA , sementara katup buang terbuka dan katup masuk masih tertutup . Pergerakkan piston naik ke atas ini membuat gas sisa hasil pembakaran menjadi terdorong keluar melalui saluran buang kemudian menuju knalpot .
Gerak naik turun – piston inilah yang diteruskan ke poros engkol / crankshaft menjadi gerak putar , yang selanjutnya akan diteruskan ke sistem pemindah daya / power train untuk diteruskan ke roda .

Keterangan:
  • TMA adalah posisi langakah piston pada posisi paling atas .
  • TMB adalah posisi langkah piston pada posisi paling bawah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar